Tadabbur Juz 30 – Pengantar

coverBismillahirrahmaanirrahiim, sahabat, Insya Allah, jika tidak ada halangan, pada setiap hari Jumat, akan saya publikasikan tulisan-tulisan seputar Tadabbur Juz 30.

Kita bahas surat-surat di Juz 30, mulai dari surat An Nas sampai An Naba. Sebab, banyak dari kita yang telah hapal surat-surat ini. Karenanya, dengan menadabburinya, Insya Allah, dapat kita ambil hikmah yang lebih besar dan memudahkan kita untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian.

Pada bagian awal, akan dituliskan surat, atau sebagian surat, yang akan dibahas. Kemudian akan diterjemahkan menurut terjemahan Kementerian Agama RI, berdasarkan mushaf Al Quran terjemah per kata yang diterbitkan oleh Penerbit Jabal. Apabila nanti ada terjemahan yang dirasa kurang pas, akan dicari terjemahan alternatif lain, atau akan diberi keterangan perihal maksud dari terjemahan tersebut.

Sumber utama yang saya gunakan ialah beberapa buku tafsir. Di antaranya ialah Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, seorang ulama, politisi, sekaligus sastrawan besar Indonesia; Tafsir Al Munir karya Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili, seorang ahli Al Quran dan Fiqih asal Damaskus, Syiria; Tafsir Juz ‘Amma karya Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin, ulama besar dari Saudi Arabia; Tafsir Salman: Tafsir Ilmiah atas Juz ‘Amma yang ditulis oleh Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB; dan Tafsir Al ‘Usyr Al Akhir, yang ditulis oleh tim dari Tafseer.info.

Sumber lain yang saya gunakan ialah buku-buku keislaman yang beraneka macam, dengan memperhatikan keterkaitan dengan surat ataupun ayat yang kita tadabburi. Hal ini diupayakan agar kita dapat sama-sama memperoleh gambaran yang lebih lengkap perihal ayat yang kita bahas. Diupayakan juga, tulisan ini dibahasakan dengan gaya yang ringan, sehingga memudahkan pembaca.

Tadabbur juz 30 ini, akan saya coba untuk publikasikan melalui blog pribadi (famajiid.wordpress.com). Untuk medium penyebarannya, sementara ini akan menggunakan media sosial yang saya punya, melalui Facebook di (facebook.com/farhan.majiid dan Fanpage @karyafamajiid), melalui line di @famajiid, Instagram dengan id @famajiid, juga twitter di akun @famajiid. Bila nanti ada kawan-kawan yang berkenan untuk membagikan, dipersilakan.

Motivasi terbesar dalam menulis ini ialah, dulu selama SMA, saya mendapat pelajaran tafsir Juz ‘Amma dari Pak Heri dan Pak Irwan. Insya Allah, jika saya tulis kembali, disertai dengan pelengkap-pelengkap yang lain, ilmu ini bisa menjadi amal jariyah bagi saya, guru-guru, juga orang tua. Sebab, ilmu yang manfaat, menurut Hadits Nabi Saw., adalah salah satu dari amalan yang tidak akan pernah terputus ganjarannya.

Akan tetapi, apa yang saya tulis ini sebenarnya bukanlah tafsir saya pribadi atas Juz 30. Yang saya lakukan, hanyalah mengulang kembali pelajaran yang telah didapat dahulu dan pembacaan yang telah dilakukan, serta mencoba untuk menyampaikan kembali, dengan penyampaian bahasa saya sendiri. Karenanya, saya lebih menyenangi apa yang saya lakukan ini ialah “Tadabbur Juz 30”. Sebab, untuk dapat menafsirkan, harus memiliki seperangkat ilmu, yang saya sendiri masih belum mampu. Sementara, untuk menadabburi Al Quran, merupakan sebuah keharusan bagi setiap muslim, agar Al Quran ini tidak hanya dibaca, namun juga dipahami agar mampu diamalkan.

Sementara itu, dalam menulis ini, saya akui, akan terdapat banyak kekurangan. Mulai dari kealpaan, kekhilafan, hingga ketidaktahuan. Karenanya, agar dapat terus berjalan dengan baik, Insya Allah saya terima segala masukan dengan senang hati. Siapa tahu, atas banyak saran dan kritikan, tulisan ini dapat ditulis ulang dan dapat dibukukan dan diterbitkan.

Saya mohon doanya agar mendapat kelancaran dalam upaya dakwah digital ini, juga agar dilindungi dari pendapat yang salah.

Wallahu ‘alam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s